10 November 2022

TRIP TO JAPAN

 

Mengunjungi Jepang, Menikmati Pesona Gunung Fuji yang Menentramkan

Pesona Gunung Fuji dari kejauhan


Pemandangan Gunung Fuji dari kejauhan sungguh menakjubkan. Berdiri menjulang dengan ketinggian mencapai 3.776 meter di atas permukaan laut (MDPL)—dan menjadi gunung terjangkung di Jepang—pesona Gunung Fuji sudah terpancar dari jarak belasan kilometer dan memantulkan aura ketenangan.

Bukan cuma itu, Gunung Fuji juga merupakan kebanggaan bagi warga Jepang. Warga Jepang sangat menghormati Gunung Fuji. Bahkan, konon, ketika para pilot pesawat Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut Amerika Pearl Harbor pada era Perang Dunia II hanya dengan bahan bakar sekali jalan (one way ticket), mereka begitu gagah berani setelah melihat Gunung Fuji.

“Mereka berteriak ‘ganbatte! ganbatte!’ sambil menabrakkan pesawat mereka ke kapal-kapal tempur Amerika untuk melumpuhkan kekuatan militer Amerika. Serangan berani mati ini dilakukan oleh para pilot Jepang dengan nasionalisme yang tinggi dan menurut saksi hidup peristiwa itu, semangat mereka terbakar setelah melihat Gunung Fuji,” demikian cerita pemandu wisata yang mendampingi kunjungan kami ke Jepang, akhir Oktober 2022 lalu.

Gunung Fuji memang menyimpan keindahan sekaligus juga misteri. Indah karena bagian puncak gunung ini berwarna putih mengkilap—menandakan bahwa salju masih sering turun di puncak gunung yang bersuhu dingin itu—dengan di kelilingi tumbuh-tumbuhan hijau, barisan warna merah jambu bunga sakura serta hamparan danau yang begitu tenang. Sungguh menentramkan pemandangan alamnya.

Namun Gunung Fuji juga menyimpan misteri. Ada banyak cerita orang yang hilang saat mendaki Gunung Fuji karena luasnya wilayah hutan yang menyulitkan proses pencarian. Kemudian juga banyak cerita orang yang lari ke Gunung Fuji untuk bunuh diri. Sama seperti orang hilang, jejak orang yang melakukan aksi bunuh diri di Gunung Fuji juga sulit untuk dicari dan diidentifikasi.

Cerita mengenai Gunung Fuji telah menjadi bagian dari sejarah panjang masyarakat Jepang. Dan cerita itu justru menjadi magnet kuat bagi para wisatawan yang mengujungi Gunung Fuji. Ini terbukti dari banyaknya bus yang berduyun-duyun mengantre masuk ke kawasan kaki Gunung Fuji. Kebetulan salju saat itu sedang turun di wilayah puncak Gunung Fuji sehingga akses menuju Pos 1 saja sudah diblokade untuk alasan keselamatan.

Pohon-pohon berwarna merah menambah indah pemandangan Gunung Fuji

Di kaki Gunung Fuji atau di wilayah Danau Kawaguchi, pemandangan Gunung Fuji dapat dipotret lebih jelas lagi. Ditambah dengan hamparan air yang tenang di Danau Kawaguchi, dan juga barisan bunga sakura yang segar dan menentramkan hati, pemandangan alam yang ada di kawasan ini menjadi lebih menakjubkan lagi.

Di sudut lain juga tampak pohon-pohon berwarna kuning

Di kawasan ini terdapat banyak toko souvenir atau oleh-oleh buat para wisatawan. Banyak sekali pilihannya, mulai dari merchandise hingga makanan. Harga relatif murah dan pelayanannya juga ramah. Yang penting ketika bayar di kasir budayakan antre, karena sekali menyalip antrean urusannya bisa panjang!

***

Mengunjungi Jepang tanpa menyempatkan diri mampir ke Gunung Fuji memang tidak lengkap. Menjejaki Gunung Fuji saat berkunjung ke Jepang adalah kesempurnaan. Melalui kunjungan ke Gunung Fuji maka kita bisa akan merasakan karakter, filosofi dan juga budaya masyarakat Jepang.


Berfoto dengan latar belakang Gunung Fuji

        Namun sebetulnya bukan hanya Gunung Fuji yang menjadi idola wisatawan ke Jepang. Bagi yang hobi belanja, seusai berkunjung ke Gunung Fuji bisa turun sedikit untuk mengunjungi Gotemba Premium Outlet atau kawasan perbelanjaan premium dengan sederet produk-prodk terkemuka.

Di sini berjejer ratusan outlet kelas internasional yang akan memanjakan para shopper untuk berbelanja karena harga-harganya yang menggoda. Tapi hati-hati kalap, sebab jika “kurang iman” berapapun duit yang dibawa ke tempat perbelanjaan ini akan habis karena banyaknya produk branded yang menarik dengan diskon yang fantastik.

Ada banyak destinasi wisata Jepang yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata alam, wisata belanja maupun wisata budaya. Untuk wisata budaya, ada sederat kuil di Tokyo yang bisa dikunjungi, seperti Kuil Asasuka, atau juga Kota Tua Kawagoe yang menarik sebagai warisan budaya Jepang.

Di tempat ini kita bisa melihat pakaian-pakaian tradisional Jepang sebagai gambaran kekayaan budaya Jepang. Pakaian-pakaian tradisional ini bisa dibeli meskipun dengan harga yang cukup mahal, atau disewa untuk diabadikan dalam foto jika ingin mengambil paket yang murah meriah.

Kunjungan ke Jepang selalu mengesankan. Sebab kita bisa belajar mengenai proses terbentuknya peradaban manusia dengan tetap berpegang teguh pada akar budaya lokal. Jepang boleh saja menjadi negara yang sangat maju, modern dengan perkembangan teknologi yang mutakhir, tetapi budaya lokal seperti menghargai orang lain tetap sama mereka junjung. Mereka selalu membungkukkan badan saat bertemu dengan orang lain. Haik!***

Tidak ada komentar: